Sejarah

STT Mitra adalah hadiah dari Tuhan melalui visi yang Tuhan berikan kepada Pdt. Dr. Yudy B. Wardojo, M.Th. sejak tahun 2005-2011 ketika melakukan pelayanan misi ke desa-desa di Kepulauan Mentawai, Kerinci, Way Kambas, Serang, Sumedang, Tasikmalaya, Cilacap, Banyumas, Gunung Kidul, Banjarmasin, Martapura, Kutai, Banggai Kepulauan, Poso, dan Morowali—hatinya sangat tergerak penuh belas kasihan karena banyak gereja yang tidak memiliki pendeta tetapi hanya ketua jemaat saja. Maka bermula dengan itulah timbul dalam hatinya suatu ketika kelak, jika Tuhan berkenan, ia ingin mendirikan STT yang merekrut sebanyak mungkin anak muda dari desa-desa di seluruh Indonesia untuk diperlengkapi menjadi hamba Tuhan yang siap untuk kembali ke desa.

STT Mitra, didirikan di bawah naungan Yayasan Mitra Kasih Sejati (YMKS) di Bandung dalam rapat Yayasan dihadiri oleh Dewan Pendiri yaitu Pdt. Yudy B. Wardojo, M.Th., Pdt. Donal L. Simatupang, Ketua Ibu Angelia Halim, SE., Bendahara Pdt. Hans Louwe, Sekretaris Pdt. Ronny Marbun, dan Pengawas Bpk. Gunardi Orianto pada tanggal 24 April 2011 di Jl. Ratna No. 2, Bandung.

STT Mitra hadir untuk memperlengkapi umat Tuhan yang terpanggil menjadi rohaniwan atau pendeta dengan ketrampilan pelayanan dalam kerangka pelayanan holistik sehingga mereka akan siap menjadi hamba Tuhan yang melakukan pelayanan misi meski tanpa upah dengan menjadi seorang “tentmaker” (Kisah Para Rasul 18:3).